Guru dan Pelaksanaan Kegiatan Literasi Sekolah

Guru dan Pelaksanaan Kegiatan Literasi Sekolah


Literasi Informasi merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat melakukan suatu identifikasi, mengetahui isi informasi yang dibutuhkan, melakukan evaluasi serta memanfaatkannya informasi tersebut secara tepat dan efektif. Dengan demikian, peran literasi dalam dunia pendidikan sangat penting. Hal ini dikarenakan segala macam arus informasi diserba teknologi kian memudahkan secara cepat. Banyak informasi yang mengalir, perlu adanya proteksi agar informasi yang masuk tidak melenceng dari yang kita harapkan. Yakni, teknologi yang memudahkan dan membawa kebermanfaatan di dunia pendidikan, bukan sebaliknya. 

Literasi informasi kekinian telah banyak menawarkan pula kepada para pengguna agar dapat dengan mudah mengetahui dengan baik mencari informasi yang disediakn, memilah informasi dari koleksi perpustakaan, fasilitas, layanan dan menjadikan kita lebih mandiri. Hal yang paling jelas adalah literasi informasi dapat membantu para siswa dalam kegiatan pembelajaran yang berkelanjutan atau long life learning dan bukan hanya menyelesaikan permasalahan akademis semata, tapi lebih dari sekedar itu semuanya. 

Topik dan fokus yang telah ditemukan inilah yang akan menggiring untuk masuk ke tahap berikutnya yaitu kata kunci. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat maka akan diperoleh sumber informasi baik primer, sekunder maupun tersier dengan lebih mudah, tepat dan akurat.

Tips:
  • Menuliskan apapun mengenai mata kuliah, subjek, tema yang selama ini didapatka selama 2 menit.
  • Memilih salah satu yang sangat menarik/sangat disukai/sesuai minat.
  • Memasukkannya ke dalam gambar sederhana
  • Mengembangkan menjadi beberapa cabang sesuai dengan pemahaman.
  • Mengambangkannya lagi mencari beberapa ranting.
  • Menarik satu garis yang akan diteliti atau bahkan menjadikannya penelitian yang luas.
  • Membuat rumusan masalahnya.
  • Dilanjutkan dengan membuat hipotesis

Dapatkan Artikel Update Gratis

0 Response to "Guru dan Pelaksanaan Kegiatan Literasi Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel